Pemberian Unsur Hara Tepat Agar Tanaman Berkembang Optimal

Iklannya disini
Setelah sebelumnya Admin memposting Eksistensi Hutan bakau Bagi Kehidupan. Kali ini Admin akan sedikit membahas Ternyata Pemberian Unsur hara yang tepat dapat menyebabkan tanaman berkembang lebih optimal.


Zat hara merupakan zat yang diperlukan tumbuhan untuk pertumbuhan, pembentukan jaringan, dan kegiatan hidup lain.
 
Pemberian unsur hara pada tanaman pangan biasanya sering tidak sesuai dengan kebutuhan tanaman. Hal ini dapat mengakibatkan tanaman berkembang tidak opitmal. Bahkan unsur hara yang berlebihan berpotensi mencemari lingkungan dan berdampak buruk pada kesehatan.

Mungkin banyak yang beranggapan "Semakin banyak pupuk , semakin baik bagi tanaman".

Anggapan seperti ini sebenarnya SALAH. Karena dalam memberikan unsur hara, kita harus melihat atau mengidentifikasi dahulu unsur hara yang kurang dari tanah tersebut.

Untuk mengidentifikasi unsur yang diperlukan tanaman perlu dilakukan analisis tanah. Namun, kita biasanya tak punya cukup keahlian dalam melakukan hal ini. Oleh sebab itu, kita harus dapat mengidentifikasi dengan melihat tanda - tanda pada tanaman yang kita tanam.

Sebagai contoh:
  1. Jika jagung kekurangan unsur nitrogen, daunnya berwarna kuning. Padahal seharusnya berwarna hijau.
  2. Jika jagung kekurangan unsur fosfor, daunnya berwarna ungu.
  3. Jika kekurangan unsur kalium, akan ada garis meruncing pada daunnya.
Jika kita sudah dapat mengidentifikasinya maka kita hanya memberikan unsur hara yang diperlukan saja. Karena yang berlebihan juga tidak boleh dan dapat mengakibatkan berbagai macam sebab seperti :
  1. Jika pupuk terlalu banyak mengandung fosfor, akan menyebabbkan tanaman kekurangan unsur seng. Bagi Jagung yang kekurangan unsur seng, maka akan menghambat proses pembuahan.
  2. Penambahan Nitrogen yang berlebihan dapat mencemari air disekitar tanaman. Jika air tersebut digunakan untuk minum, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Apalagi jika masuk ke padi yang merupakan makanan pokok kita sehari-hari
Alangkah baiknya jika kita dapat memanfaatkan unsur hara organik di sekitar, seperti kotoran binatang. karena kelebihan unsur hara organik tidak akan menganggu kesehatan.
 
Semoga info ini bermanfaat bagi Sahabat Jajal SEO.
Iklannya disini

0 Response to "Pemberian Unsur Hara Tepat Agar Tanaman Berkembang Optimal"

Posting Komentar



1. Berkomentarlah yang relevan dengan tulisan diatas
2. Harap Jangan Mencantumkan Live Link
3. Jika anda memfolow blog ini beritahukan admin di Fb An Erwan83, agar admin memfolback anda.

Komentar dan Follow anda sangat berarti buat Blog ini