Tips Agar Anak Mau Berpuasa

Iklannya disini
Berpuasa sebenarnya tidak diperintahkan bagi anak - anak yang belum baligh. Namun, alangkah baiknya jika orang tua untuk mendorong anak - anaknya untuk berpuasa semampunya, hingga ia nanti terbiasa untuk berpuasa jika kelak mereka tumbuh dewasa, dan mengetahui bahwa Puasa di Bulan Ramadhan  merupakan salah satu kewajiban yang diperintahkan langsung Allah SWT melalui firmannya :

"Hai Orang - orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang - orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa," (Q.S. Al Baqarah Ayat 183)



Dan salah satu hadist yang mendukung agar anak - anak di ajarkan untuk berpuasa diantaranya:

“Barangsiapa yang tidak berpuasa di pagi hari, maka hendaklah ia menyempurnakan sisa hari ini dengan berpuasa. Barangsiapa yang berpuasa di pagi harinya, hendaklah ia tetap berpuasa.” Ar Rubayyi’ berkata, “Kami berpuasa setelah itu. Dan kami mengajak anak-anak kami untuk berpuasa. Kami membuatkan pada mereka mainan dari bulu. Jika saat puasa mereka ingin makan, maka kami berikan pada mereka mainan tersebut. Akhirnya mereka terus terhibur sehingga mereka menjalankan puasa hingga waktu berbuka.” (HR. Bukhari no. 1960)


Ada begitu banyak cara agar anak mau dan terbiasa untuk berpuasa. Namun, yang terbaik dan terpenting adalah memberi contoh yang benar. Karena anak - anak biasanya lebih cepat mempelajari apabila orang tua nya memberikan contoh dengan baik.

Berikut adalah beberapa Tips Agar Anak Mau Berpuasa:
  1. Doronglah mereka untuk berpuasa beberapa hari. Untuk anak usia 5-6 tahun puasa setengah hari  sudah cukup baik. Jangan lupa untuk memberikan pujian di depan keluarga maupun teman - teman atas keinginannya untuk berpuasa.
  2. Ajaklah anak anda ke mesjid, untuk buka puasa bersama. Agar mereka bisa merasakan kebesaran Puasa Ramadhan dan persatuan umat islam dalam menyambut Bulan Ramadhan
  3. Ajaklah anak anda untuk ikutt buka puasa bersama. Walaupun mereka baru bisa puasa setengah hari bahkan walaupun mereka baru saja makan.
  4. Ajaklah anak anda untuk berdo'a, baik saat sahur maupun buka puasa.
  5. Ajaklah anak anda untuk ikut shalat terawih sejak usia dini. Agar mereka terbiasa kelak.
  6. Ajarkanlah anak anda untuk bertadarus membaca Al Qur'an dan beritahu bahwa Nabi Muhammad SAW melakukan ini tiap bulan Ramadhan.
  7. Ingatkan lah mereka bahwa mereka itu sedang berpuasa jika mereka berperilaku buruk. Karena hal tersebut akan mengurangi pahala dari puasanya.
  8. Bangunkanlah mereka untuk makan sahur. (walupun mereka tidak berpuasa dan shalat shubuh)
  9. Ajarkanlah mereka untuk memberi makan bagi orang - orang yang sedang berbuka. Karena itu merupakan ladang ibadah buat mereka.
  10. Jika saat Idul Fitri tiba. Bantula mereka untuk memakai pakaian yang terbaik. Dan ajaklah mereka untuk shalat Idul Fitri. Serta beritahu mereka inilah hari raya nya umat islam.
Buat anda yang memiliki anak perempuan, ingatlah sabda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam :
"Orang yang diberi tanggung jawab untuk membesarkan anak perempuan dan memperlakukan mereka dengan baik, akan menjadi perisai baginya dari neraka. (H.R Bukhari dan Muslim).
Iklannya disini

1 Response to "Tips Agar Anak Mau Berpuasa"

  1. tp yg jadi masalah klo nggak sengaja ketemu makanan di siang hari, bawaannya rewel melulu pingin makan, hehe..

    BalasHapus



1. Berkomentarlah yang relevan dengan tulisan diatas
2. Harap Jangan Mencantumkan Live Link
3. Jika anda memfolow blog ini beritahukan admin di Fb An Erwan83, agar admin memfolback anda.

Komentar dan Follow anda sangat berarti buat Blog ini