Mengapa Orang Lanjut Usia Mudah Jatuh?

Iklannya disini
Orang Lanjut Usia | adalah orang yang telah berusia lanjut (umur diatas 60 Tahun). Pada saat lanjut usia seperti ini biasanya mudah sekali mengalami jatuh, tiba - tiba terbaring atau mendadak duduk dilantai. Saat jatuh, bisa disertai dengan kesadaran menurun (pingsan atau koma) atau tetap sadar.

Mengapa ini bisa terjadi?

Seperti diketahui, badan kita bisa tegak berdiri karena ditopang oleh sistem sensorik, sistem saraf pusat, dan sistem motorik (otot rangka)

Jika salah satu mengalami gangguan, maka akan menyebabkan seseorang terjatuh. Terlebih lagi orang usia lanjut.

Contoh ; Semakin lanjut usia akan mempengaruhi gaya berjalan seseorang. Gerak menjadi lamban, kaki tida lagi menapak dengan kuat, dan cenderung mudah goyang. Perlambatan reaksi menyebabkan orang - orang yang berusia lanjut menjadi terlambat dalam mengatasi kejadian mendadak, seperti terpeleset atau tersandung, sehingga mudah terjatuh.

Hampir 30 sampai dengan 50% kasus jatuh pada usia lanjut diakibatkan murni kecelakaan, seperti terpeleset atau tersandung. Kejadian ini bisa diakibatkan dari lingkungan yang kurang mendukung (lantai licin, kurangnya penerangan di dalam rumah) dan ditambah dengan daya penglihatan yang berkurang.

Nyeri kepala atau Vertigo juga merupakan  faktor pemicu orang - orang lanjut usia mudah jatuh. Terganggunya aliran darah ke otak serta terlalu lama berbaring di tempat tidur pun dapat menyebabkan orang usia lanjut mudah terjatuh.

Obat - obatan, seperti antidepresi, antihipertensi, dan obat diabetes mellitus di yakini bisa menyebabkan terjadinya jatuh.

Penyakit akut di jantung, penyakit dibagian saraf, serta gangguan diotak kecil juga memudahkan orang usia lanjut terjatuh.

Nah, bagi kalian - kalian yang mempunyai atau memiliki oarng sekitar yang berusia lanjut, jaga baik - baik dan perhatikanlah kegiatannya dengan seksama. Agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.
Iklannya disini

4 Responses to "Mengapa Orang Lanjut Usia Mudah Jatuh?"

  1. hehehe sip dehh mas makasih sudah diingatkan :D

    BalasHapus
  2. kalo terpeleset bahaya sekali tuh, biasanya kalo manula terpeleset kemungkinan besar bisa stroke

    BalasHapus
  3. makasih sob infonya, ane baru tau kalo ternyata obat2an bisa mengurangi keseimbangan sehingga terjadi jatuh

    BalasHapus
  4. Orang tua jaman sekarang emang beda sama orang tua jaman sekarang...
    Selamat pagi sob... salam kenal dan salam sejahtera, ditunggu kedatanganya digubug derita...

    BalasHapus



1. Berkomentarlah yang relevan dengan tulisan diatas
2. Harap Jangan Mencantumkan Live Link
3. Jika anda memfolow blog ini beritahukan admin di Fb An Erwan83, agar admin memfolback anda.

Komentar dan Follow anda sangat berarti buat Blog ini