Asmaul Husna

Iklannya disini
Segala puji bagi Allah SWT yang mempunyai nama - nama yang agung dan sifat - sifat yang mulia. Allah SWT mempunyai 99 Asmaul Husna yang mengandung nilai moral yang utama. Kita di tuntut untuk mampu meneladani dalam bentuk perilaku sehari - hari.

Orang tua hendaklah membimbing anak - anaknya memahami Asmaul Husna untuk selanjutnya diteladani dalam bentuk akhlak mulia sejak dini.

Berikut Penjelasan mengenai nama - nama mulia Allah tersebut :

Allah
Lafaz Allah merupakan nama atau sebutan bagi Tuhan atau sesembahan yang haqq, dan tidak diberikan kepada yang lain. Dia lah Allah, tuhan yang patut disembah. Allah adalah nama yang mengumpulkan makna semua nama dan hakikatnya, dan merupakan dzat yang disembah secara haqq. Dia tidak membutuhkan siapapun, bahkan yang lainnya-lah yang butuh kepada-Nya.

Tuntunan Berdzikir
Berdzikirlah dengan menyebut "Ya Allah" pada setiap berdo'a, terutama pada malam sepertiga malam sesudah mengerjakan shalat tahajud. Insya Allah apa yang menjadi hajatnya akan berhasil.
 
Ar Rahmaan (Yang Maha Pemurah)
Allah adalah Ar Rahmaan, artinya Yang Maha Pemurah atau Pengasih kepada semua hamba-Nya dan Makhluk-Nya. Dia lah yang mencurahkan kebaikan kepada semua hamba, baik mereka beriman atau tidak, semua dikasihi. Rahmat-Nya bersifat menyeluruh, baik di dunia maupun di akhirat.

Meneladani sifat ini adalah dengan cara hidup dengan penuh kasih sayang kepada semua orang; kepada keluarga, orang tua, anak, teman dan lain - lain.

Tuntunan Berdzikir
Bacalah "Ya Rahmaanu" dalam berdo'a, terutama pada setiap selesai shalat fardhu. Insya Allah, Allah akanmengabulkan do'anya dan membuat hatinya penuh ketenangan, dan dijauhkan dari sifat lupa dan gugup.

Ar Rahiim (Yang Maha Penyayang)
Ar Rahiim sama dengan Ar Rahmaan, berasal dari kata Rahima, yaitu yang mempunyai sifat kasih dan sayng kepada semua makhluk-Nya. bedanya, jika Ar Rahmaan, berarti Allah mengasihi semua hamba dan makhluk baik yang beriman atau tidak, maka Ar Rahiim itu khusus untuk yang beriman (mukmin) saja.

Meneladani sifat ini adalah dengan hidup saling mencintai dan menyayangi, terutama kepada semua muslim.

Tuntunan Berdzikir
Bacalah "Ya Rahiimu" secara rutin dalam berdo'a, mudah - mudahan Allah segera mengabulkan do'anya. Dan Insya Allah akan diberi daya tarik dan menganugerahinya dengan sifat kasih sayang, sehingga banyak orang yang menaruh rasa cinta serta kasih sayang kepadanya.

Al Malik (Yang Maha Merajai)
Allah adalah Al Malik, yakni raja yang sebenarnya. Dia Zat yang tidak membutuhkan, dalam dzat dan sifat-Nya. Segala sesuatu yang ada atau semua makhluk butuh kepada-Nya. Dia Dia-lah yang mengendalikan segala urusan makhluk-Nya dengans seksama tanpa membutuhkan bantuan atau dihalangi.

Meneladani sifat ini adalah dengan membayangkan kehidupan yang fana ini, betapapun kekuasaan atau perusahaan yang dimilikinya, tentu akan lenyap oleh dua perkara; Pertama, sebab kematian, dan kedua berpindahnya kekuasaan itu kepada orang lain.

Tuntunan Berdzikir
Barang siapa yang membaca "Ya Maliku" setiap pagi dan sore (selesai shalat Shubuh dan Maghrib), maka Allah akan menjamin di mudahkannya segala urusannya, sehingga apapun yang dilakukannya akan mendatangkan berkah dan keberuntungan.
Iklannya disini

0 Response to "Asmaul Husna"

Posting Komentar



1. Berkomentarlah yang relevan dengan tulisan diatas
2. Harap Jangan Mencantumkan Live Link
3. Jika anda memfolow blog ini beritahukan admin di Fb An Erwan83, agar admin memfolback anda.

Komentar dan Follow anda sangat berarti buat Blog ini