PENDIDIKAN SOSIAL : Salah Satu Kurikulum Dalam Pendidikan Islam

Iklannya disini
"Pendidikan Sosial" | Orang tua wajib mengajarkan kepada anaknya tentang hak - hak orang lain terhadapnya, mengajarkan adab - adab sosial kemasyarakatan, dan membiasakan anak ikut serta melakukan pengawasan dan kritik sosial.

Hal pertama yang diajarkan adalah bahwa ridha Allah ada pada ridha kedua orang tua. Ini seperti diriwayatkan dari Abdullah bin Amr Ash Ra dari Nabi Muhammad SAW, bahwa beliau bersabda : 'Ridha Allah itu berada dalam ridha orang tua, dan Murka Allah itu berada dalam kedua murka orang tua'.

Diajarkan pula kepada anak untuk rajin mendoakan kepada kedua orang tuanya, baik ketika keduanya masih hidup apalagi ketika keduanya meninggal. 'Dan rendahkanlah dirimu terhadap merek berdua dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, "Wahai Rabb-ku Kasihanilah keduanya, sebagaimana mereke berdua telah mendidik diwaktu kecil" (Q.S Al Isra : 24)

Setelah mengetahui pentingnya orang tua, kemudian di ajarkan kepada anak untuk mewaspadai perbuatan durhaka terhadap orang tua, karena itu merupakan dosa besar. Diantara perbuatan durhaka kepada orang tua adalah :
  1. Anak memandang tajam kepada orang tuanya ketika marah
  2. Anak memandang dirinya sama dengan ayahnya,
  3. Anak mengagungkan dirinya dihadapan orang tua tanpa mau menghormatinya,
  4. Anak tidak mau mengakui orang tuanya karena merasa malu,
  5. Anak tidak melaksanakan kewajibannya memberi nafkah kepada orang tuanya yang fakir, padahal ia mampu.
  6. Mengucapkan kata 'ah' dan membentak orang tuanya, 'Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik - baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya, atau keduanya berumur lanjut dalam pemeliharaan maka sekali - kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah' dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia' (Q.S Al Isra : 23)
Dalam pendidikan sosial ini, diajarkan pula kepada anak bagaimana mereka harus bersikap dengan saudaranya, dan kepada teman - temannya. Seperti membina hubungan silaturahim, menjaga kehormatan keluarga, menjaga hak - hak saudara, melaksanakan hak - hak teman - temannya dan lain - lain.

Diajarkan pula kepada anak bagaiman bersikap kepada tetangga, seperti menghormatinya, berbuat baik kepadanya, melindungi hak - hak tetangga, tidak menyakitinya, membina hubungan silaturahim dengannya dan tidak menyebarkan aibnya.

Demikianlah "Pendidikan Sosial" yang harus diterapkan kepada anak - anak kita. Semoga bermanfaat.

Sumber : Mendidik Anak dengan Cinta Karya Ummu Shofi

Iklannya disini

2 Responses to "PENDIDIKAN SOSIAL : Salah Satu Kurikulum Dalam Pendidikan Islam"

  1. artikel ini bisa menambah wawasan baru dan tentunya bisa dicoba, salam kunjungan

    BalasHapus
  2. ya betul pendidikan sosial perlu di tanamkan sejak dini agar anak-anak bisa menghormati orang tua serta orang lain apalagi di jaman sekarang ini.

    BalasHapus



1. Berkomentarlah yang relevan dengan tulisan diatas
2. Harap Jangan Mencantumkan Live Link
3. Jika anda memfolow blog ini beritahukan admin di Fb An Erwan83, agar admin memfolback anda.

Komentar dan Follow anda sangat berarti buat Blog ini