Manfaat Berenang Bagi Kesehatan

Iklannya disini
Manfaat Berenang Bagi Kesehatan |Olahraga air ini memiliki banyak kelebihan yang memberi begitu banyak manfaat bagi kesehatan Anda.
 
Apa manfaat berenang bagi kesehatan yang wajib anda tahu:

Membentuk dan menguatkan otot

Kepadatan air lebih besar 12 kali lipat daripada udara, membuat setiap gerakan tubuh di air seolah melewati hambatan. Hal inilah yang menjadikan renang mempunyai intensitas sama seperti aerobik. Satu studi menemukan, seseorang yang menyelesaikan program latihan renang selama 8 minggu mengalami peningkatan massa otot trisep sebesar 23.8%. Selain itu, berenang secara cepat dengan ritme yang teratur dapat meningkatkan tiga hal: Ketahanan kardio, kekuatan, dan ketahanan otot. 

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan

Meningkatkan kesehatan jantung

Efisiensi jantung memompa darah ke seluruh tubuh dapat meningkat dengan berenang secara rutin. Penelitian dari Columbia University Medical Center menemukan, berenang dapat melawan risiko terkena penyakit jantung koroner. 
Membakar kalori. Hanya dengan berenang selama setengah jam, Anda dapat membakar 200-300 kalori, tergantung intensitas dan gaya yang Anda lakukan. Tip: Untuk membakar kalori lebih banyak, lakukan latihan interval. Berenanglah sekuat tenaga sejauh 50 meter, kemudian istirahat selama 10 detik. Lalu berenang lagi sejauh 100, 150-300 meter dengan tetap diselingi istirahat selama 10 detik pada masing-masing checkpoint.

Mencegah stres dan depresi

Serupa dengan yoga, selama berenang terjadi peregangan dan relaksasi otot-otot yang disertai dengan teknik pernapasan yang berirama. Itulah sebabnya berenang dapat membantu menghindari gejala stres. Menurut Aimee C. Kimball, Director of Mental Training di Center for Sports Medicine dari University of Pittsburgh Medical Center, berenang dapat melepaskan endorfin, hormon antistres.

Minim risiko cedera.

Saat di air, tubuh Anda terasa lebih ringan karena distribusi berat yang harus ditopang oleh tubuh berkurang hingga 50%. Otot dan persendian pun menerima tekanan yang lebih sedikit ketimbang saat melakukan aktivitas di darat. Dampaknya –jika dilakukan dengan teknik yang benar–  Anda menghadapi risiko cedera yang lebih sedikit dibandingkan olahraga lain yang dilakukan di atas air.
Iklannya disini

0 Response to "Manfaat Berenang Bagi Kesehatan"

Posting Komentar



1. Berkomentarlah yang relevan dengan tulisan diatas
2. Harap Jangan Mencantumkan Live Link
3. Jika anda memfolow blog ini beritahukan admin di Fb An Erwan83, agar admin memfolback anda.

Komentar dan Follow anda sangat berarti buat Blog ini