PENDIDIKAN KEIMANAN

Iklannya disini
"Pendidikan Keimanan" | Orang tua bertanggung jawab membimbing anaknya atas dasar pemahaman dan pendidikan iman sesuai dengan ajaran Islam. Dengan cara membuka kehidupan anak dengan kalimat 'Laa ilaha ila Allah' ketika lahir, mengenakannya tentang rukun iman, mengenalkan hukum halal dan haram, mengajarakan tata cara beribadah dan mendidik anak untuk mencintai Nabi.

Ibnu Jarir dan Ibnu 'lmundzir meriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, bahwa ia berkata 'Taatlah kepada Allah dan takutlah berbuat maksiat kepada Allah serta suruhlah anak - anak kamu mentaati perintah - perintah dan menjauhi larangan - larangannya. Karena hal itu akan memelihara mereka dan kamu dari api neraka'.


Hal - hal yang dapat dilakukan dalam pendidikan keimanan ini adalah :
  1. Membina anak - anak untuk beriman kepada Allah, dengan cara mengenalkan kekuasaan Allah melalui ciptaan - ciptaan-Nya yang maha besar di alam semesta ini.
  2. Menanamkan perasaan khusyuk, takwa dan 'ubudiyah kepada anak, dengan cara mengajak anak memperhatikan ciptaan - ciptaan Allah yang demikian menakjubkan di alam semesta in. Kemudian melatih anak untuk melaksanakan Shalat dengan baik, dan ketika anak telah mampu membedakan hal - hal yang baik dan buruk, serta yang benar dan yang salah.
  3. Menanamkan perasaan selalu ingat kepada Allah pada diri anak - anak, dengan cara melatih anak untuk selalu ikhlas dalam setiap perkataan dan perbuatannya serta berusaha untuk menjadikan seluruh amal perbuatannya adalah semata - mata untuk mengharapkan ke ridha an Nya.
  4. Menanamkan perasaan selalu diawasi Allah pada diri anak, karena Allah SWT selalu berada bersama mereka. Dengan cara melatih anak untuk selalu berkata jujur walaupun tidak ada orang lain yang melihat tingkah lakunya.
  5. Menjelaskan kepada anak tetang buah keimanan kepada Allah, agar anak bersemangat dan ber istiqamah dalam beriman kepada-Nya.
Itulah sedikit pembahasan mengenai "Pendidikan Keimanan". Semoga bermanfaat buat kalian semua.
 
Sumber : Agar Cahaya Mata Makin Bersinar Karya Ummu Shofi
Iklannya disini

0 Response to "PENDIDIKAN KEIMANAN"

Posting Komentar



1. Berkomentarlah yang relevan dengan tulisan diatas
2. Harap Jangan Mencantumkan Live Link
3. Jika anda memfolow blog ini beritahukan admin di Fb An Erwan83, agar admin memfolback anda.

Komentar dan Follow anda sangat berarti buat Blog ini