Manfaat Dari Kegiatan Pecinta Alam

Iklannya disini
Setelah sebelumnya saya membuat postingan tentang cara membentuk karaktek yang baik, kali ini saya akan membahas manfaat dari kegiatan pencinta alam.

Kegiatan Pecinta Alam | adalah aktivitas dari sekelompok orang dalam menikmati alam sekitar dan biasanya diwujudkan dengan mendaki gunung.

Banyak yang memandang sebelah mata dengan kegiatan ini. Karena sebagian orang menganggap kegiatan pecinta alam ini hanya buang - bunag energi semata dan kegiatan hura - hura.

Padahal jika disikapi dengan baik, kegiatan pecinta alam ini merupakan salah satu aktivitas yang punya banyak manfaat bagi pengembangan diri manusia. Bagaimana tidak, baru masuk aja biasanya sudah dikerjain oleh para senior. Beragam tugas aneh dan nyeleneh juga harus dilakukan sebelum resmi diakui menjadi anggota pecinta alam.

Nah!!!

Dari mana segi manfaatnya???

Intopeksi Diri

Mendaki gunung biasanya bisa dijadikan media dalam mengevaluasi diri. Gimana caranya???

Dalam kegiatan pendakian, biasanya kita menjumpai banyak problem yang jarang ditemui dalam kehidupan normal sehari - hari.

Dengan medan terjal, bekal yang terbatas, keletihan yang amat sangat, semua itu membuat seseorang akan keluar sifat alaminya.

Melatih Untuk Bermotivasi Tinggi

Mendaki gunung banyak mempunyai tantangan. Tak jarang para pendaki akan memutuskan untuk berhenti ditengah jalan. Ia menyerah ketika merasakan lelah dan kesulitan yang sangat.

Nah, pada moment inilah pendaki dilatih untuk tegar dan pantang menyerah. Karena ia ingin meraih mimpinya, yakni sampai kepuncak.

Ia akan menjadi pribadi yang tidak mudah menyerah pada masalah. Karena ia mempunyai mimpi untuk meraih puncak kesuksesan.

Melatih Ketanggapan dalam Membuat Keputusan

Tidak jarang dalam kegiatan pencinta alam ini (mendaki gunung) kita megalami tersesat ditengah rimba. Rasa panik, bingung dan khawatir campur aduk menjadi satu.

Ini merupakan hal yang wajar kita rasakan apabila tersesat dan tidak menemukan jalan pulang, apalagi bisa - bisa nyawa menjadi taruhannya.

Para pendaki biasanya harus cepat tanggap dan dituntut cepat dalam mengambil keputusan. Tentunya dengan mempertimbangkan resiko yang akan dihadapi.

Melatih kedisiplinan

Biasanya para pecinta alam mempunyai target untuk sampai puncak pada saat mendekati terbitnya matahari. Karena menatap matahari dari puncak gunung adalah sebuah kenikmatan tersendiri bagi seorang pendaki.

Dan itu menyebabkan mereka dituntut agar pandai dalam mengatur waktu, kapan mereka berangkat, kapan dan dimana dan berapa lama mereka istirahat, bagaimana agar bekal yang mereka bawa cukup hingga sampai puncak dan lain sebaginya.

Mempertebal Iman

Tak sedikit dari para pendaki yang ketika mereka sampai kepuncak, lisannya berulang kali mengucapkan Tuhan dengan spontan.

Mereka menyadari betapa indah dan besarnya alam ini. Namun yang membuat jiwa mereka tergetar adalah betapa hebatnya Dzat yang sudah menciptakan alam yang sedemikian dahsyatnya ini.

Jangan lupa untuk membaca artikel - artikel motivasi lainnya di blog jajal SEO ini.
Iklannya disini

1 Response to "Manfaat Dari Kegiatan Pecinta Alam"

  1. ane bukan MAPALA kang, tp hobi klo touring ke tempat-tempat seperti itu :)

    BalasHapus



1. Berkomentarlah yang relevan dengan tulisan diatas
2. Harap Jangan Mencantumkan Live Link
3. Jika anda memfolow blog ini beritahukan admin di Fb An Erwan83, agar admin memfolback anda.

Komentar dan Follow anda sangat berarti buat Blog ini