Cara Membentuk Karakter Yang Baik

Iklannya disini
Hati - hati dengan kebiasaan yang kita bangun sejak muda, karena kebiasaan akan menjadi karakter seseorang dan karakter pula lah yang akan menentukan indah tidaknya masa depan kalian.
Kebiasaan - kebiasaan yang akan membentuk karakter kita menjadi baik adalah sebagai berikut:

Baca Al Qur'an

Menurut Penelitian Dr. Ahmad Al-Qadhiy dari Amerika, dari semua responden yang berlatar belakang yang sangat beragam. Dari Muslim yang bisa berbahasa arab, sampai dengan non islam yang tidak berbahasa arab. Ternyata setelah mereka dibacakan sepotong ayat Al Qur'an dalam bahasa arab, kemudian dibacakan terjemahannya dalam bahasa inggris.

Hasilnya luar biasa mengejutkan, 97% percobaan berhasil menemukan perubahan - perubahan fisiologis yang ditunjukkan oleh penurunan tekanan pada saraf secara spontan. Hasil ini menunjukkan bahwa Al Qur'an ternyata memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap saraf manusia. Pengaruh ini terlihat pada perubahan energi listrik pada otot - otot yang terdapat di organ tubuh.

Semua perubahan ini menunjukkan bahwa ada perubahan pada organ - organ saraf otak secara langsung yang sekaligus mempengaruhi organ tubuh yang lain. Al Qur'an memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pemulhan kebugaran tubuh. Stamina tubuh yang baik akan mengahalau berbagai penyakit atau bahkan mengobatinya.

Tapi, yang harus kita ingat, Al Qur'an di turunkan bukan hanya untuk dibaca. Tetapi Baca, Pahami, dan Amalkan.

Tahajud Tiap Sepertiga Malam

salah satu kebiasaan yang lain dalam membentuk karakter yang baik adalah Tahajud tiap sepertiga malam. Karena shalat malam adalah momentum yang paling tepat untuk mengakrabkan diri dengan Allah SWT.

Suasana hening, sunyi sangat membantu kita untuk memusatkan pikiran dan khusyuk dalam berdoa, berkomunikasi dan mengadukan segala permasalahan hidup kepada-Nya.

Menurut Analisis ilmuwan Muslim asala Mekkah, Fadhlalla Haeri. Tahajud menjadi sarana untuk mempertahankan melatonin dalam jumlah yang stabil.

Hormon melatonin akan membantu sistem kekebalan dalam tubuh dan membatasi gerak pemicu tumor seperti estrogen.

menurut Haeri, pada masa kanak - kanak melatonin yang ada didalam tubuh berjumlah 120 picogram. Namun jumlah tersebut akan semakin menurun pada usia 20 - 30 tahun.

Penurunan hormon melatonin selain disebabkan secara alamiah juga bisa dipicu dari pengaruh eksternal seperti tidur larut, medan elektromagnetik, dan polutan kimia. Yang pada akhirnya akan menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi dan sakit kepala.

"Dan pada sebagian malam, dirikanlah shalat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji" (Q.S Al Isra 79)

Sedekah

Sedekah juga merupakan kebiasaan yang bisa menjadikan karakter kita menjadi lebih baik. Karena dengan bersedekah kita mempunyai tenggang rasa yang lebih baik.

Dan sedekah itu sendiri sangat luar biasa. Karena Allah SWT tak hanya memberi balasan akhirat, tetapi juga balasan didunia sudah ditampakkan bagi pemberi sedekah.

Ingat !!!

Allah SWT akan membalas sedekah kita dengan balasan Sepuluh kali lipat, ratusan kali lipat, bahkan balasan yang tak terhingga.

Membaca Buku Minimal 1 Buku Perminggu

Semua orang suda mengetahui, bahwa buku merupakan jendela dunia. Ketika buku kita buka dan kita baca, kita seolah - olah sedang memperluas cakrawala kita dalam memandang dunia.

Itulah mengapa ayat yang pertama kali di turunkan Allah SWT berbunyi "Iqro" (Bacalah).

Semakin banyak buku yang dibaca, semakin bijak dan luas kalian dalam memandang hidup.

Bung Hatta pernah berkata "Buku adalah temanku. Selama aku memiliki buku, aku dapat tinggal dimana saja".

Jadi...

Kutu buku bukan kuper.
Kutu buku bukan cupu.

Kutu buku adalah calon orang besar

Shalat Dhuha Setiap Pagi

Shalat dhuha ternyata memiliki dampak medis yang luar biasa. Dengan shalat dhuha kita bisa menangkal stress yang mungkin datang dalam kehidupan sehari - hari. Karena tubuh secara fisiologis mengelarkan zat - zat seperti enkefalin dan endorphin yang merupakan zat yang bisa memberikan rasa bahagia, lega, tenang, rileks secara alami.

Buraidah meriwayatkan bahawa Rasulullah SAW bersabda "Dalam tubuh manusia terdapat 360 persendian, dan ia wajib bersedekah untuk persendiannya tersebut." Para sahabat bertanya "Siapa yang sanggup wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Ludah dalam masjid yang dipendamnya, atau sesuatu yang disingkirkan dari jalan. Jika tidak mampu, dua rakaat Dhuha sudah mencukupinya". (HR. Ahmad Dan Abu Daud)
Iklannya disini

6 Responses to "Cara Membentuk Karakter Yang Baik"

  1. Kalau saya Alhamdulillah Shalat Dhuha sudah Rutin saya laksanakan Sob...saya sudah menganggap Shalat Dhuha seperti shalat 5 waktu...

    BalasHapus
  2. pada nomor 2 tahajud setengah malam yang susah di kerjakan.. bagaimana cara mengatasinya yah mas :)

    BalasHapus
  3. kalo tahajud saya gk bs ngerjainnya soalnya bngun kesiangan trus :'(

    BalasHapus
  4. Bermanfaat sekali mas artikel ini .
    Walau sholat dhuha masih belum rutin mas ,tapi saya usahakan supaya bisa rutin . :) (y)

    BalasHapus
  5. Tipsnya mantap om, tapi semuanya jarang ane lakukan apalagi shalat tengah malam, padahal itu memang bener banget...

    BalasHapus



1. Berkomentarlah yang relevan dengan tulisan diatas
2. Harap Jangan Mencantumkan Live Link
3. Jika anda memfolow blog ini beritahukan admin di Fb An Erwan83, agar admin memfolback anda.

Komentar dan Follow anda sangat berarti buat Blog ini