Langkah - Langkah Dalam Mengajukan KPR

Iklannya disini
Apabila Anda ingin memiliki sebuah rumah namun tidak dapat membelinya secara kontan atau tidak memiliki tanah untuk membangun rumah sendiri maka pilihan yang paling tepat adalah dengan melalui kredit KPR bank. KPR adalah singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah.
 
Ada 2 stakeholder berbeda dalam KPR, yaitu Bank penyedia KPR dan Pengembang penyedia rumah yang akan di KPR kan, walaupun keduanya selalu bekerja sama tapi  wajib diingat keduanya memiliki fungsi dan wewenang tersendiri soal KPR yang tidak dapat dicampuradukkan.

Berikut
Langkah-langkah Dalam Mengajukan kredit KPR:

Menentukan rumah yang akan dibeli dengan cara kredit KPR.

Ada 2 (dua) macam cara untuk langkah pertama ini, pertama datang ke bank lalu meminta informasi lokasi-lokasi rumah yang tersedia untuk kredit KPR, yang kedua Anda mencari sendiri rumah atau perumahan melalui koran, internet, survei langsung ke beberapa lokasi atau info dari iklan. Sebaiknya cari beberapa alternatif rumah yang akan di beli yang nanti akan dibandingkan dari sisi harga, kemudahan proses kredit KPR rumah, dll.
 

Tanyakan Segala Hal Yang Berhubungan Dengan Rumah Tersebut

Apabila rumah yang diinginkan sudah ada, lalu tanyakan segala hal yang berhubungan dengan rumah tersebut, misal Anda memilih perumahan, tanyakan berapa harganya, berapa uang mukanya, berapa biaya tanda jadinya, apakah rumah sudah dibangun atau baru akan dibangun setelah bayar uang muka, lihat gambar denah dan desainnya, pastikan lokasinya dengan benar, cek fasilitas rumah dan perumahan, bila rumah baru akan dibangun, pastikan pula berapa lama rumah dibangun, dan tanyakan juga bagaimana proses kredit KPR rumah nantinya apakah angsurannya flat atau tidak.
 

Bayar Tanda Jadi Sebagai Bukti Pemesanan Rumah Atau Kavling

Bila semua informasi tersebut sudah jelas dan dipahami, langkah selanjutnya adalah dengan membayar tanda jadi sebagai bukti pemesanan rumah atau kavling biar tidak keduluan orang atau biar gak keburu naik harganya. Biasanya tiap developer berbeda-beda, ada yang bebas tanpa batas waktu, ada yang mengharuskan bayar uang muka setelah beberapa waktu, ada yang hangus bila tidak jadi, ada juga yang dikembalikan.
 

Bayar Uang Muka KPR

Langkah selanjutnya adalah dengan membayar uang muka KPR bila Anda memang positif jadi membeli rumah, umumnya tanda jadi merupakan bagian uang muka, jadi bila Anda sudah membayar tanda jadi, maka uang muka hanya dibayarkan sisanya saja. Uang muka akan dikembalikan jika pengajuan KPR rumah akhirnya ditolak oleh bank.
 

Pengajuan Kredit KPR Rumah Ke Bank Yang Dipilih

Selanjutnya, setelah membayar uang muka, maka berikutnya adalah pengajuan kredit KPR rumah ke bank yang dipilih. Biasanya developer akan menguruskan pengajuan ini ke bank yang sudah menjadi partnernya, bila memilih bank lain biasanya kita diminta mengajukan kredit KPR rumah sendiri. Pengajuan kredit KPR rumah membutuhkan waktu yang lumayan, bisa mencapai 1 bulan, dimana persyaratan KPR dari bank sudah ditentukan.
 

Langkah Terakhir

Jika pengajuan kredit KPR rumah Anda ditolak bank, maka apa boleh buat, Anda perlu memutar arah untuk mencari peluang lain, seperti rumah yang lebih murah, atau menabung terlebih dahulu untuk mengumpulkan uang muka, atau mencari rumah yang benar-benar murah. Tapi bila pengajuan kredit KPR rumah diterima oleh bank, maka selanjutnya adalah proses pembangunan rumah untuk rumah yang belum dibangun atau pelaksanaan akad kredit untuk rumah yang sudah siap diserah terimakan. Anda perlu menyiapkan setidaknya 5 juta rupiah untuk proses ini, ada banyak biaya yang dikeluarkan seperti pajak, asuransi, biaya notaris, administrasi, dll.

Contoh Perumahan yang ideal dan bisa dimiliki dengan cara KPR yang diketahui admin Jajal-SEO adalah perumahan  Citra Indah Bogor maupun Perumahan Citra Gran Cibubur.
Iklannya disini

1 Response to "Langkah - Langkah Dalam Mengajukan KPR"

  1. interesting articles and commentaries friend, I became interested in reading, I introduce a new blogger from Indonesia origin. greetings from yozidahfilputra.blogspot.com

    BalasHapus



1. Berkomentarlah yang relevan dengan tulisan diatas
2. Harap Jangan Mencantumkan Live Link
3. Jika anda memfolow blog ini beritahukan admin di Fb An Erwan83, agar admin memfolback anda.

Komentar dan Follow anda sangat berarti buat Blog ini