Pencegahan Terjadinya Jatuh Pada Orang Usia Lanjut

Iklannya disini
Sebelumnya saya pernah memposting "Mengapa Orang Lanjut Usia Mudah jatuh?", kini saya akan membahas pencegahannya.

Ya, Pencegahan terjadinya jatuh pada orang usia lanjut.

Sudah seharusnya langkah ini dilakukan. Sebab, apabila sudah jatuh akan memunculkan komplikasi yang meskipun ringan, tetap saja akan berdampak buruk bagi orang yang bersangkutan.

 Pencegahan ini terdiri dari tiga hal, yaitu Mengidentifikasi faktor resiko, Menilai keseimbangan dan gaya berjalan, serta mengatasi keadaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya jatuh pada orang usia lanjut.

Mengidentifikasi Faktor  Resiko
 Dalam mengidentifikasi faktor resiko, perlu ditelusuri keadaan sensorik, persarafan, otot anggota gerak, dan penyakit sistemik yang sering mendasari atau menyebabkan jatuh (Kencing manis dan hipertensi). Selain itu pula perlu di identifikasi pula keadaan rumah yang berbahaya, yang memudahkan orang usia lanjut terjatuh.

Menilai Keseimbangan dan Gaya Berjalan
Setiap orang usia lanjut, sebisa mungkin di evaluasi bagaimana keseimbangan badannya dalam melakukan gerakan pindah tempat atau posisi. Jika goyangan badannya saat berjalan sangat berpeluang jatuh, sebaiknya diberikan bantuan latihan oleh Rehabilitasi medis (dulu: fisioterapi). idealnya setiap orang berusia lanjut diberi kesempatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. (Check Up)
Mengatasi Keadaan Lingkungan Yang Memungkinkan Terjadinya Jatuh Pada Orang Usia Lanjut
Lantai diusahakan tidak licin dan penerangan di buat seterang mungkin, tetapi tidak menyilaukan mata. Perabot rumah tangga yang sudah lapuk atau kurang kokoh sebaiknya diganti dan diletakan ditempat yang aman dari aktivitas orang yang berusia lanjut. Alangkah baiknya kalau WC menggunakan kloset duduk dan diberi pegangan dibagian dinding.

Nah, itulah sedikit Tips Pencegahan terjadinya jatuh pada orang usia lanjut. Semoga bermanfaat buat kalian - kalian semua.
Iklannya disini

2 Responses to "Pencegahan Terjadinya Jatuh Pada Orang Usia Lanjut"

  1. Jatuh! kejadian ini pernah menimpa alm. Nenek saya, artikelnya sgt bagus!

    BalasHapus
  2. semoga saja saya bisa mengigantnya di waktu saya tua nanti ...

    BalasHapus



1. Berkomentarlah yang relevan dengan tulisan diatas
2. Harap Jangan Mencantumkan Live Link
3. Jika anda memfolow blog ini beritahukan admin di Fb An Erwan83, agar admin memfolback anda.

Komentar dan Follow anda sangat berarti buat Blog ini