Bisnis Online : Online Shop

Iklannya disini

Pengertian Toko Online
Online shopping atau belanja online via internet, adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual melalui internet. Sejak kehadiran internet, para pedagang telah berusaha membuat toko online dan menjual produk kepada mereka yang sering menjelajahi dunia maya (internet). Para pelanggan dapat mengunjungi toko online (online store) dengan mudah dan nyaman, mereka dapat melakukan transaksi di rumah, sambil duduk di kursi mereka yang nyaman di depan computer. Bisnis online adalah juga sama seperti kegiatan bisnis yang kita kenal sehari-hari. Bedanya dalam bisnis online ini adalah segala kegiatan bisnis dilakukan secara online dengan menggunakan media internet.

Bila saat ini teman-teman memiliki sesuatu yang dapat dibisniskan dalam kehidupan sehari-hari, maka kemungkinan besar teman-teman dapat juga membuka bisnis tersebut di dunia maya. Misalnya teman-teman memiliki usaha sablon kaos dan selama ini kaos tersebut dipajang di outlet teman-teman di pinggir jalan, maka kemungkinan besar teman-teman dapat mengembangkan usaha tersebut dengan membuka toko kaos sablon di dunia maya. Bila demikian, maka teman sudah menjalankan yang namanya “bisnis online”. Pada dasarnya konsumen mereka dapat membeli barang apa saja dari toko online. Berbagai produk tersedia, mulai dari buku, pakaian, alat rumah tangga, mainan, perkakas, software dan bahkan asuransi. Itu pun hanya merupakan sebagian kecil dari ribuan produk yang dapat dibeli oleh konsumen melalui internet

Salah satu Contoh Bisnis Online adalah STORE.co.id, ada apa di STORE.co.id Klik Disini

Tujuan Dan Manfaat

Mendapatkan penghasilan : Saat awal memulainya mungkin hanya berniat menjadikan bisnis online sebagai sampingan. Tapi jika kita mau mengembangkan usaha kita untuk lebih banyak variasi produk / barang maka ketika mulai menikmati hasilnya yang melimpah, kita akan beralih menjadikannya sebagai pekerjaan utama. Dan mungkin mengundurkan diri dari pekerjaan offline kita.

Tujuan :
 
Membangun komunitas : Adanya perkumpulan atau komunitas produk kita sangat penting. Karena dengan begitu, mereka ikut menjadi motor penggerak kemajuan bisnis online kita. Semakin besar komunitas online kita, otomatis semakin maju bisnis kita.

Berkomunikasi : Kita harus mampu memastikan tampilan dan isi web kita dapat di mengerti dengan baik oleh customer.Begitu juga cara bekomunikasi nya.

Mendapatkan Iklan : Kita juga bisa mendapatkan penghasilan dari pengiklan . selain dari pembeli kita juga bisa mendapatkan hasil dari para pengiklan.

Mendapatkan pengunjung : Besar pengunjung suatu situs web berbanding lurus dengan uang yang anda dapatkan.

Manfaat :
Menentukan suatu bisnis, dalam artian segala bisnis yang ada bisa di kembangkan, asalkan tidak melanggar aturan-aturan yang telah di tentukan. Karena bila hal itu dilanggar, bisa mengakibatkan bisnis yang anda kelola di dampart oleh penyedia layanan akses internet.

Jaringan dalam mengirim dan menerima informasi sangat luas serta dalam bertransaksi pun juga mudah.Kita bisa melakukan research di berbagai kota, provinsi dan negara-negara yang ada.

Peluang kita untuk menjadi pembisnis online profesional pun bisa terealisasikan. Kita bisa menciptakan usaha-usaha yang kita miliki, membuka jasa, dan bahkan kita dapat membuat perusahaan bisnis online sendiri

Bisnis Online Dalam SWOT

Strenghts ( kekuatan ) : pasar luas, buka 24 jam, karyawan sedikit, tidak perlu stok, berjalan otomatis, biaya promosi kecil, dapat dilakukan oleh siapapun, . Biaya sangat murah, bisa dijalankan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja, skill yang diperlukan sepenuhnya bisa dipelajari tidak masalah apapun latar belakang anda,potensi penghasilan sangat besar, kita bisa dibayar dalam dollar, membuka lapangan pekerjaan.

Weaknesses ( kelemahan ) : ukuran/ size yang tak sama ( for clothing), keinginan untuk memegang & mencoba produk (minim untuk dapat menggunakan panca indera), resistensi membeli secara online ( biasanya bagi orang awam yang belum pernah bertransaksi secara online), pasar seluruh dunia tapi terbatas pada pengguna internet (muda), sistem pembayaran yang masih seidikit rumit.

Opportunities (peluang) : bisnis online ini memiliki peluang yang sangat bagus.karena bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja dimana saja dan kapan saja. Apalagi bagi orang-orang yang tidak ingin banyak meninggalkan keluarganya hanya untuk bekerja diluar rumah.

Threats (ancaman) : berbagai bisnis apapun pasti memiliki ancaman yang akan dihadapi kedepannya termasuk bisnis online ini. Ancaman berbisnis online antara lain datang dari orang-orang yang hanya iseng, jasa pengirian, dalam soal pembayaran dan lain-lain.

Sumber : Research Amikom
Iklannya disini

5 Responses to "Bisnis Online : Online Shop"

  1. Nice info gan..ditunggu artikel terbarunya gan

    BalasHapus
  2. info yang sangat bermanfaat gan, keep post

    BalasHapus
  3. Salam blogger, wah keren nih bisnis online shop pake analisa SWOT segala, komentar juga dong ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Moga menang kontesnya Gan, btw ane juga punya toko online lho gan :)

    BalasHapus
  5. Bermanfaat gan ! , Mau bikin Histing tapi darii kemaren gK jadi2 ..

    BalasHapus



1. Berkomentarlah yang relevan dengan tulisan diatas
2. Harap Jangan Mencantumkan Live Link
3. Jika anda memfolow blog ini beritahukan admin di Fb An Erwan83, agar admin memfolback anda.

Komentar dan Follow anda sangat berarti buat Blog ini