PENDIDIKAN AKHLAK

Iklannya disini
"Pendidikan Akhlak" | Orang tua bertanggung jawab menanamkan dan melatih anak - anaknya untuk berperilaku mulia dalam kehidupannya.

Rasulullah bersabda 'Tidak ada suatu pemberian yang diberikan oleh seorang ayah kepada anaknya yang lebih utama daripada pemberian budi pekerti yang baik '.

Abdur Razzaq, Said bin Mansyur dan lainnya meriwayatkan hadist dari Ali Ra : 'Ajarkanlah kebaikan kepada anak - anak kamu dan didiklah mereka dengan budi pekerti yang baik'

Dengan Akhlak mulia orang akan dihargai dan dihormati orang lain, serta dapat kepercayaan dari orang lain. namun sebaliknya akhlak yang buruk, seperti berbohong, berdusta, dll hanya akan menghantarkan manusia kepada keburukan dan kecelakaan.

Namun tidak kita sadari banyak kebiasaan - kebiasaan di masyarakat kita yang mencerminkan perilaku dusta, seperti ; mengiming imingi anak  dengan sesuatu untuk sekedar membuat anak mendekat dan kemudian kita gendong dan mau diajak bermain. Tapi setelah anak mendekat dan berhasil digendong sesuatu yang kita janjikan tidak kita berikan.


Contoh lain adalah, anak minta uang untuk membeli makanana kesukaan, atau minta dibelikan mainan kesayangan kemudian kita mengatakan mama tidak punya uang, padahal di tas atau di dompet kita ada uang, lalu sebentar kemudian kita berbelanja.

Alangkah baiknya, bila anak meminta uang untuk membeli sesuatu dan kita tidak menghendakinya sebaiknya kita menjelskan  bahwa kita tidak mempunyai uang untuk membeli sesuatu yang di minta, karena uang yang kita gunakan sekarang ntu untuk keperluan lain.

Tapi, masih banyak lagi perbuatan dusta yang berkaitan dengan anak dan banyak dilakukan oleh orang tua, seperti; memalsukan data kelahiran anak Di Tuakan agar anak dapat memperoleh SIM Sehingga ia bisa bebas menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya. Di mudakan untuk memperoleh tunjangan gaji lebih lama.

Asy-Syaikani dan lainnya meriwayatkan dari Ibnu Mas'ud ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "... Jauhilah perbuatan dusta. Sebab sesungguhnya dusta itu dapat mengakibatkan perbuatan jahat dan sesungguhnya perbuatan jahat itu akan menyeret kepada api neraka. Selagi hamba berdusta dan terus menerus berdusta maka Allah akan menuliskannya sebagai pendusta."

Maka mari kita latih anak - anak kita untuk berakhlak mulia, disetiap tempat, disetiap waktu, dengan siapapun, dan dimanapun agar kehidupan mereka aman, tentram dan bahagia.

Demikianlah postingan mengenai "Pendidikan Akhlak" | ini ditulis, semoga bermanfaat buat para pembaca sekalian.
Iklannya disini

2 Responses to "PENDIDIKAN AKHLAK"

  1. Ini penting banget gan pendidikan akhlak, banyak orang pintar tapi percuma kalau gak berakhlak...! Mantap gan shernya...!

    BalasHapus
  2. Mantap Gan.. Memang setiap anak harus di didik ahlak nya supaya tidak membuat onar di sekitar kita

    BalasHapus



1. Berkomentarlah yang relevan dengan tulisan diatas
2. Harap Jangan Mencantumkan Live Link
3. Jika anda memfolow blog ini beritahukan admin di Fb An Erwan83, agar admin memfolback anda.

Komentar dan Follow anda sangat berarti buat Blog ini